EFEKTIFITAS PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU SEBAGAI LEMBAGA PENGAWAS PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BATAM
Winsherly Tan(1*)
(1) Universitas Internasional Batam
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku dan Jurnal
Achmad, Mukti Fajar dan Yulianto. Dualisme Penelitian Hukum. Normatif Dan Empiris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Admin. “Ombudsman Kepri Jangan Jadi Pengumpul Kasus Pelayanan Publik” (2018). https://solusihukum.com/ombudsman-kepri-jangan-jadi-pengumpul-kasus-pelayanan-publik/,.
Azhari, Aidul Fitriciada. “Negara Hukum Indonesia: Dekolonisasi Dan Rekonstruksi Tradisi.” Jurnal Hukum Ius Quia Iustum 19, no. 4 (2012): 489–505.
Fachrudin, Fachri. “Masyarakat Belum Paham Maladministrasi Bisa Dilaporkan Ke Ombudsman” (2018). https://nasional.kompas.com/read/2017/06/19/13113131/masyarakat.belum.paham.maladministrasi.bisa.dilaporkan.ke.ombudsman.
Faqih, Fikri. “Banyak Masyarakat Dinilai Belum Paham Apa Itu Ombudsman” (2018). https://www.merdeka.com/peristiwa/banyak-masyarakat-dinilai-belum-paham-apa-itu-ombudsman.html.
Hakim, Adhar. “Fungsi Dan Peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Barat Dalam Mendorong Kepatuhan Pemerintah Daerah Terhadap Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.” Jurnal IUS, Volume III No. 7 (2015).
Holle, Erick S. “Pelayanan Publik Melalui Electronic Government: Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service.” Jurnal Sasi Vol.17 No.3 (2011).
Jun. “Pak Gubernur, Kepri Masuk Zona Merah” (2018). https://batampos.co.id/2018/02/22/pak-gubernur-kepri-masuk-zona-merah/,.
Khozin, Muhammad, Gerry Katon Mahendra, and Anike Febriyani Nugraha. “Pendahuluan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Mengamanahkan Negara Waajib Memberikan Pelayanan Kepada Setiap Warga Negara Dalam Rangka Memenuhi Hak-Hak Dan Kebutuhan Dasarnya Dalam Kerangka Pelayanan Publik . Pemerintah Daerah Seb” 08, no. 2 (2020): 239–256.
Kurniawan, Robi Cahyadi. “Tantangan Kualitas Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah.” Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, Vol. 7 No. 1 (2016): 15. https://docplayer.info/63652465-Tantangan-kualitas-pelayanan-publik-pada-pemerintah-daerah.html.
Kwartya, Kartika. “Ombudsman Buka Kantor Perwakilan Di Batam” (2018). http://batam.tribunnews.com/2012/02/28/ombudsman-buka-kantor-perwakilan-di-batam.
Marzuki, Peter Mahmud. Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana, 2010.
Messa Haris. “Pengaduan Ke Ombudsman Terbanyak Dari Batam” (2018). https://kepri.antaranews.com/berita/46976/pengaduan-ke-ombudsman-terbanyak-dari-batam.
Ni Luh Putu Puspitasari, I Komang Gede Bendesa. “Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Badung.” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.1 (2016): 90.
Pratama, M. Hamdani. “Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Deskriptif Tentang Strategi UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Tandes Kota Surabaya Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor).” Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, Volume 3 (2015): 90.
Riau, Ombudman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan. Bahan Bacaan Peserta Training of Trainer Sahabat Ombudsman Perwakilan Kepulauan Riau Di Kabupaten Karimun (2018).
Rinaldi, Rudi. “Analisis Kualitas Pelayanan Publik”, Jurnal Administrasi Publik Vol 1, No. 1” (2012).
Rizki, A. Imron. “Analisis Pelaksanaan Rekomendasi Ombudsman Sebagai Instrumen Pengawas Kebijakan Publik” (2018). http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1079928.
Roza, Darmini, Universitas Ekasakti, Sekolah Tinggi, and Ilmu Hukum. “Perundang-Undangan Untuk Mewujudkan Indonesia,” no. September (2019): 131–144.
Rukayat, Yayat. “Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu.” Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA) No.2 Tahun XI (2017): 56.
Solechan. “Memahami Peran Ombudsman Sebagai Badan Pengawas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia”, Administrative Law and Governance Journal Vol 1 Edisi 2 Mei 2018” (2018). https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/alj/article/view/2757.
Syamsudin, M. Operasionalisasi Penelitian Hukum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
Thahira, Atika. “Penegakan Hukum Administrasi Lingkungan Hidup Ditinjau Dari Konsep Negara Hukum.” JCH (Jurnal Cendekia Hukum) 5, no. 2 (2020): 260.
Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Undang-undang Ombudsman Republik Indonesia, UU No.37 tahun 2008, Ketentuan Umum.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2011 Tentang Pembentukan, Susunan, Dan Tata Kerja Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Di Daerah.
Hasil Wawancara
Hasil Wawancara Peneliti dengan Bapak Lagat Parroha Patar Siadari selaku Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau pada 20 Desember 2018.
Hasil Wawancara Peneliti dengan Bapak Lagat Parroha Patar Siadari selaku Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau pada 21 Desember 2018.
Hasil Wawancara Peneliti dengan Bapak Lagat Parroha Patar Siadari selaku Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau pada 21 Desember 2018.
DOI: http://doi.org/10.33760/jch.v6i1.284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JCH (Jurnal Cendekia Hukum)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by STIH Putri Maharaja Payakumbuh
Indexing by